Electronegativitas , jari-jari ion

Electronegativitas
adalah kemampuan suatu atom atau kumpulan atom untuk menarik electron terluarnya baik yang dugunakan untuk ikatan atau kumpulan atom tersebut , sehingga atom tersebut cenderung bermuatan negatif

1.Dalam satu golongan atom , semakin kebawah keeletronegativitasan sebuah atom akan semakin besar . ini dikarenakan jari-jari atau kulit electron makin banyak sehingga elecron terluarnya yang terlibat dalam pembentukan ikatan makin jauh dari inti , walau jumlah proton makin banyak pula . Pengaruh penambahan kulit lebih berpengaruh dari pada penambahan jumlah proton .

2.Dalam satu periode sebuah atom , dari kiri ke kanan keelectronegativitasan sebuah atom akan semakin besar. Ini dipengaruhi oleh jumlah proton dalam inti atom dan oleh jumlah kulit electron. Jumlah proton makin naik berarti muatan positif inti makin besar , oleh karena itu suatu tarikan akan meningkat .




Jari-Jari Ion
jari-jari ion terdefinisikan menjadi dua yaitu jari-jari ion positif dan jari-jari ion negatif

1.Jari-jari ion positif
Jari-jari ion positif selalu lebih pendek dari jari-jari atom netralnya , karena pada ion positif , atom kehilangan electron tetapi jumlah protonya tetap , sehingga electron akan lebih kuat di tarik proton . akibatnya jari-jari ion positif makin pendek .

2.Jari-jari ion negatif
Jari-jari ion negatif selalu lebih panjang dari jari-jari atom netralnya , karena pada ion negatif , atom mendapatkan tambahan electron tetapi jumlah protonya tetap , sehingga electron akan lebih berat tertarik oleh proton. Akibatnya jari-jari ion negatif semakin panjang .

0 komentar: